DIRESMIKAN  KAMPUS  4
PONPES AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK

By Khamid, S.Pd
(Guru B. Indonesia MA Al-Mu’min)

Di Kaliabu Salaman Magelang Jawa Tengah, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung meresmikan Kampus IV pada hari Minggu (28/10/2018) peresmian dilakukan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Drs. H. Nasirudin, M.Ag dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung Drs. H. Asy’ari Muhadi, M.A.

Dengan diresmikannya kampus IV Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah yang berada di Kaliabu Salaman, semua bentuk operasional dijalankan sesuai dengan visi dan misi yang berada dalam satu koordinator  Direktur Pondok Pesantren Induknya.  Semua orang yang terlibat di dalamnya wajib memahami dan melaksanakannya.

              “Semua bentuk bembelajaran sampai pada hal-hal terkecil yang menyangkut permasalahan Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah, wajib  dilaksanakan dengan baik  dan diketahui oleh semua pihak.  Harapannya tujuan yang akan dicapai  terukur dan berjalan sesuai aturan dan tidak  menyimpang,”  sambut Syamsuri Adnan selaku Direktur Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah.  Sambutan PDM Kabupaten Magelang yang disampaikan oleh Nasirudin, memberikan pesan agar dengan diresmikan Kampus IV Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah yang berada di Kaliabu Salaman Magelang, minat para wali murid  untuk memondokkan putra/putrinya menjadi semakin mudah dan terlayani, terutama dari mereka yang berada di wilayah selatan Kabupaten Magelang dan daerah-daerah di sekitarnya. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Magelang mendukung sepenuhnya peresmian kampus IV, dan memberikan semangat dan langkah untuk semakin giat dalam mengembangkan Da’wah Islam melalui  pondok pesantren saat ini.   

              Asy’ari Muhadi yang memberikan sambutan pula pada acara peresmian tersebut selaku Ketua PDM Kabupaten Temanggung, menyetujui dan mendukung penuh dari pernyataan yang disampaikan oleh Nasirudin. Dengan kesepahaman yang sama untuk membesarkan pendidikan anak-anak melalui pendidikan di Pondok Pesatren, akan memiliki dasar agama yang kuat bagi para siswa yang belajar di Pesantren.

Empat jenis unit pendidikan formal yang telah dimiliki Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah  Tembarak Temanggung adalah unit MTs, SMP, MA dan SMK,  kesemuanya didasari dengan dasar-dasar agama  dan disiapkan untuk menjadi seorang Da’i  sehingga bisa  menda’wahkan Islam sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tahfidhul Qur’an menjadi program unggulan pada masing-masing unit, target hafalannya terprogram dan terukur sesuai unit pendidikan dan diasuh oleh  para guru tahfidh yang ahli dibidangi.            

Kejuaraan Tahfidhul Qur’an tingkat internasional yang telah diraih belum lama ini, tak lepas dari kesungguhan dalam mengajarkan tahfidz kepada para siswa. Tahun Ajaran baru 2019/2020,  Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah siap menerima calon pemimpin dan kader bangsa yang kuat agamanya.