Kosong Atau Isi

By Alfionita Eka Amelia Putri Dani 
(Santriwati Kelas XII B)

Sudut pandang adalah sebuah hal yang tidak bisa dianggap remeh, perbedaan sudut pandang dapat menimbulkan berbagai akibat. Baik dari sisi positif maupun dari sisi negatifnya. Untuk mengetahui sudut pandang seseorang tentulah kita harus memiliki tolak ukur yang menuntut logika untuk memecahkan permasalahannya. Salah satunya dengan sebuah gelas.

Bayangkan saja di depan anda ada sebuah gelas yang berisi setengahgelas air, anda akan mengatakan bahwa gelas itu “setengah penuh” atau “setengahkosong” ? Bagaimana anda melihat gelas itu akan mencerminkan pola pikir anda.Berikut sedikit ulasan dari penulis mengenai kedua pilihan tersebut.

  1. Bagi anda yang memilih “setengah penuh”

Anda yangmemilih jawaban ini berarti memiliki sudut pandang positif, karena anda melihatsesuatu berdasarkan kebaikannya. Meskipun anda tahu bahwa sesuatu pastimemiliki sisi negatif/kelemahannya tersendiri anda tetap berpandangan bahwasesuatu itu juga memiliki kelebihan yang patut diunggulkan.

      2. Bagi anda yang memilih “setengah kosong”

Anda yang memilih jawaban ini cenderung melihat sesuatu dari sisi negatifnya, meskipun anda tahu bahwa sesuatu itu memiliki kelebihannya masing-masing. Anda cenderung menilai bahwa sebuah kelebihan belum dapat dikatakan sempurna apabila masih ada kekurangan yang tampak.

Lalu, bagaimana kita harus bersikap ? Ya harus seimbang antara keduanya, kita tidak bisa terpusat pada salah satu sudut pandang tersebut. Karena suatu saat, adalah hal yang pasti untuk kita menggunakan keduanya. Apabila kita mampu menyeimbangkan antara kedua sudut pandang yang berbeda tersebut, maka kita sudah pasti akan menjadi orang yang bijaksana dalam bertindak. Kalau bisa diibaratkan, kedua sudut pandang tersebut seperti sebuah  pakaian. Sebuah pakaian tidak akan tampak indah apabila hanya indah dari segi warna ataupun motifnya saja, kita juga perlu memperhatikan apakah pakaian tersebut sobek atau tidak, kotor atau tidak, agar kita terlihat indah pula ketika memakainya.

Image by : http://gelassetengahisi.blogspot.com