Teknosains

Program Teknosains (Teknologi dan Sains)
MA. Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung

A. Pendahuluan

Program Teknosains terdiri dari beberapa komponen mata pelajaran yaitu TIK (Teknologi Informatika), Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Rencana Program Teknosains akan dilaksanakan dua pekan sekali (pertemuan pekan pertama untuk pelaksanaan eksperimen, pertemuan pekan kedua untuk antisipasi kalau sekiranya waktu yang dibutuhkan kurang), misal Pekan pertama untuk pengenalan program sekaligus persiapan alat dan bahan eksperimen, pekan kedua masuk kepelaksanaan eksperimen. Program ini dapat dilaksanakan sore hari ba’da Sholat ‘Ashr (masih belum pasti). Teknosains dapat dirinci menjadi Bioteknilogi, teknokimia, teknomatika, teknofisika.

B. Tujuan dan Manfaat

 Program ini selain untuk mengimbangi program kelas unggulan tahfidz yang akan di mulai pada tahun yang sama juga agar para santri memperoleh sedikit banyak pengalamannya dalam hal eksperimen dalam bidang teknologi dan sains. Selain itu juga para santri dapat menuangkan ide dan kreatifitasnya yang bermanfaat ketika terjun ke masyarakat nantinya atau sebagai bekal ke perguruan tinggi.

C. Teknis Pelaksanaan

Teknis pelaksanaan Program Teknosains tahun pelajaran 2018/2019 secara garis besar dapat lihat dari setiap pertemuan.

1. Pertemuan Pertama

  • Pengenalan Program Teknosains
  • Kontrak belajar
  • Pembuatan Team (Kelompok)
  • Pemilihan menu Eksperimen

Pemilihan materi ini dapat sama atau berbeda dengan kelompok yang lain (masih belum didiskusikan) karena semuanya mempunyai keunggulan masing-masing. Pemilihan materi yang sudah disiapkan oleh pengampu bertujuan agar para santri dapat mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk eksperimen pekan yang akan datang.

2. Pertemuan Kedua

  • Menyiapkan alat dan bahan yang telah dipersiapkan
  • Mempersiapkan laptop untuk setiap santri jika setiap masing-masing kelompok berbeda materi eksperimennya, jika dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan santri dalam pengerjaan eksperimennya. Jika materi eksperimen sama, maka cukup menyiapkan LCD Proyektor.
  • Setelah semua team telah menyelaikan hasil eksperimennya, dapat langsung dicoba dan didemonstrasikan di depan kelas ke kelompok yang lain secara bergantian.
  • Dokumentasi dilakukan oleh ustadz/dzah pengampu atau asistennya.
  • Pemilihan menu eksperimen untuk pertemuan selanjutnya.

3. Pertemuan ketiga

  • Melanjutkan eksperimen pertemuan sebelumnya yang telah lalu yang belum selesai
  • Setelah semua team telah menyelaikan hasil eksperimennya, dapat langsung dicoba dan didemonstrasikan di depan kelas ke kelompok yang lain secara bergantian.
  • Dokumentasi dilakukan oleh ustadz/dzah pengampu atau asistennya.
  • Pemilihan menu eksperimen untuk pertemuan selanjutnya.

4. Pertemuan keempat dan seterusnya sama, yaitu melakukan eksperimen yang berikutnya dengan judul yang berbeda.

D. Reward / Penghargaan

Santri atau team yang memiliki potensi dalam hal eksperimen atau bahkan menciptakan sebuah karya yang luar biasa akan mendapatkan Penghargaan dari kepala Madrasah. Hal ini bertujuan agar santri atau team yang lain semakin bersemangat dalam belajar dan menumbuhkan ide/ kreatifitasnya dalam bidang Teknologi dan sains.

E. Pameran Tahunan (atau akhir semester) Teknosains

Pameran ini bertujuan untuk mengenalakan hasil karya santri kelas Teknosains kepada santri dan ustadz/dzah MA. Al-Mu’min pada khususnya dan Seluruh santri dan asatidz PP. Al-Mu’min pada umumnya agar menumbuhkan/meningkatkan semangat dalam belajar, mengingat belajar (menuntut ilmu) itu adalah seumur hidup.

Alamat

Kampus 1 (Putri) : Jl. KH Abdul Rahman No 1-3 Desa Purwodadi, Tembarak, Temanggung, Jawa Tengah 56261, Telpon: (0293) 4903375.

Kampus 2 (Putra) : Jl. Imam Subaweh No 1 Kauman Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah 56262, Telpon : (0293) 4902560.

Map Lokasi Kampus 1
Map Lokasi Kampus 2